Minggu, 24 Januari 2016

Contoh Resensi Novel

Ini ada contoh Resensi Novel selamat membantuu





Judul           : Hai Luka                                                                      
Penulis        : Mezty Mez               
Penerbit     : EnterMedia
Cetakan      : Cetakan Pertama 2014
Tebal           : 236 halaman             

                Mungkin selama ini kita mengenal Mezty Mez sebagai seorang penyanyi. Juga sebagai salah satu personil dari girlband 7icons. Tapi kali ini ia mencoba untuk menulis sebuah novel yang berjudul Hai luka. Buku ini ia buat sebagai langkah awal debutnya di dalam menulis buku. Setelah membaca buku ini saya sangat termotivasi dan tersentuh oleh  pesan-pesan di dalamnya. Dan membuat saya tertarik untuk membaca buku ini berkali-kali.
            Buku ini menceritakan perjalanan cinta dari sepasang sahabat yaitu Dante dan Rena, yang mulanya mereka adalah seorang sahabat yang sangat dekat. Cinta itu mulai tumbuh dan berkembang dalam perjumpaan yang terus menerus. Menawarkan kehangatan, cerita yang panjang, mengharuskan keberanian, waktu yang tepat serta proses yang tak bisa diduga kapan titik temunya,  dan kesabaran yang luar biasa untuk menunggu cinta itu datang.
            Selain itu buku ini pun menceritakan perjalanan hidup Dante dan Rena yang sepi tanpa kehangatan suatu keluarga. Menunggu kehangatan keluarga yang seharusnya mereka dapatkan. Dan bersabar menghadapi cobaan yang harus mereka lewati dengan air mata.
            Akan tetpai, apakah cinta dan kehngatan keluarga yang selama inimereka tunggu akan benar-benar datang ? Membawa kebahagiaan yang selalu Dante dan Rena mimpikan ? Atau malah sebaliknya, mendatangkan luka untuk kesekian kalinya kepada mereka berdua.
            Saat membaca buku ini pembaca akan terhanyut ke dalam cerita. Saking terhanyutnya, bisa-bisa para pembaca akan ikut menangis saat membacanya. Karena tema cerita yang dipilih sangatlah bagus, menarik, dan menyentuh hati.
            Selain itu, pembaca pun akan mudah menangkap pesan yang ada di dalamnya. Karena di dalam nya banyak sekali pesan-pesan yang berguna dalam kehidupan kita. Pesan tersebut ada yang  berhubungan dengan persahabatan, bersabar dalam menjalani hidup, dan juga peran penting keluarga dalam kehidupan kita.
            Akan tetapi, pembaca akan sedikit bingung saat membaca. Karena alurnya yang sangat rumit dan berbelit-belit. Dan alur yang digunakan itu adalah alur gabungan. Yang biasanya akan sangat membingungkan jika cerita yang menggunakan alur tersebut.
            Dan juga ada tahapan alur yang mengacak pada bab 6 hal 43. Yang biasanya tahapan alur perkenalan itu berada di awal cerita, tetapi dalam buku ini ada tahap perkenalan yang berada di tengah cerita. Sehingga akan membingungkan para pembaca.
            Selain itu ada susunan kata pada sebuah kalimat yang salah. Yaitu kata tetapi ditulis pada awal kalimat. Karena kata tetapi termasuk kata pertentangan intra kalimat, jadi tidak boleh di tulis di awal kalimat. kesalahan tersebut terdapat pada halaman 4, halaman 71, halaman 77, dan ada beberapa lagi halaman berikutnya.
            Buku ini sangat bagus untuk dibaca. Karena setelah kita membaca novel ini, kita akan mendapatkan suatu pelajaran yang mungkin baik untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi tidak baik pula, bila buku ini dibaca oleh anak-anak. Karena di dalamnya ada unsur percintaan dan ada banyak kata yang mungkin tidak dimengerti oleh anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar